Minggu, 06 Desember 2009

Anggrek "Kate"(anggrek terkecil di dunia)



Ternyata tak hanya spesies ayam saja yang memiliki jenis kate (spesies mungilya),ternyata anggrek pun demikian.Seperti yang terjadi di Ekuador,Amerika serikat
Anggrek jenis baru ini ini merupakan anggrek terkecil di dunia dengan ukuran lebar hanya 2,1 Milimeter.

Ilmuwan asal Amerika Lou Jost menemukan anggrek tersebut secara tidak sengaja di antara akar tanaman yang berukuran lebih besar. Anggrek yang berasal dari genus Platystele ini ditemukan di antara koleksi tanaman Jost yang berasal dari Cerro Candelaria, sebuah cagar alam di timur pegununga Andes.

"Saya melihat bunga kecil itu di antara akar-akar pohon. Setelah melihatnya lebih dekat, saya menyadari bunga mungil itu merupakan anggrek yang sangat menarik," kata Jost, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis 3 desember lalu.

Jost menambahkan, anggrek tersebut memiliki ciri-ciri kelopak bunga transparan dan memiliki ketebalan yang setara dengan ketebalan sebuah sel. Ciri ini membuat anggrek tersebut sangat mirip seperti miniatur tumbuhan.

Anggrek mungil tersebut merupakan anggrek ke-60 yang ditemukan Josh. Dia bekerja untuk EcoMinga Foundation di Ekuador yang membangun cagar alam bekerja sama dengan lembaga pemeliharaan lingkungan lain di Inggris, World Land Trust.

"Sangat menyenangkan ketika kita bisa menemukan spesies baru. Kebanyakan orang berpikir segalanya telah ditemukan, namun pada kenyataannya di luar sana masih banyak spesies lain yang belum terungkap," ujarnya.

Penemuan Jost yang paling menakjubkan adalah 28 jenis anggrek yang masuk dalam genus Teagueia, ditemukan di wilayah pegunungan dekat Banos, Ekuador. Wilayah Amerika Selatan memiliki banyak spesies anggrek langka. Lebih dari 1.000 spesies anggrek ditemukan di wilayah tersebut, dalam kurun waktu 100 tahun terakhir.


0 komentar:

Posting Komentar